Diberdayakan oleh Blogger.
RSS


DASAR-DASAR ISLAM
Dasar-dasar islam itu ada empat, yaitu :
1.       AL Qur’an, yaitu kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw dengan perantaraan  malaikat Jibril as untuk di jadikan sebagai petunjuk jalan menuju kesejahteraan hidup ummat manusia.
2.       Hadits, yaitu segala ucapan, perbuatan dan ketetapan Nabi Muhammad Saw. Sedangkan yang dimaksud dengan ketetapan  Nabi itu ialah,  perkataan dan perbuatan para sahabat yang diketahui Nabi Muhammad Saw sedangkan Nabi tidak menegurnya.
3.       Ijma‘, yaitu kesepakatan para Mujtahid Muslim dalam memutuskan suatu masalah sesudah wafatnya Rasullah Saw terhadap hukum Syara’.
4.       Qiyas, yaitu menyamakan suatu peristiwa yang tidak terdapat nash hukumnya dengan peristiwa yang terdapat nash bagi hukumnya. Misalnya: Minum khamar, berjudi, mengundi nasib dengan panah. Dari contoh diatas, semuannya dihukum sama, yaitu haram.
Sebagaimana yang terdapat dalam  firman Allah SWT :
Artinya :
Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah[434], adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu. (surat AL-Maidah ayat 90)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar