Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sejarah Perayaan Maulid Nabi

Sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW

Oleh : Hasrian Rudi Setiawan

 

sudah menjadi suatu tradisi dan adat kebiasaan pada setiap tahunya bagi sebagian besar kaum muslimin di beberapa negara di dunia untuk merayakan hari kelahiran nabi muhammad yang kita kenal dengan sebutan maulid nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wassalam. Ada beberapa sumber sejarah tentang asal usul tentang perayaan maulid nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wassalam. ada bebepa versi dalam sejarah yang menceritakan awal mula dan asal usul maulid nabi diantaranya:
Bahwa sejarah  pertama kali diadakan  maulid nabi adalah oleh mudzofar abu said al-qokbury, ia adalah  seorang gubernur irbil di iraq pada masa pemerintahan shalahuddin al-ayyubi (1138-113) sekitar tahun 630 H. ada juga yang berpendapat bahwa
peringatan maulid nabi dari sultan shalahuddin al-ayyuby itu sendiri, ia bertujuan untuk membangkitkan kecintaan kepada nabi muhammad shalallahu 'alaihi wasalam dan mengingatkan kembali tentang perjuangan rasulullah dalam menegakkan dan menyebarkan agama islam  serta untuk meningkatkan semangat juang kaum muslimin pada saat itu, yg mana mereka pada saat itu sedang terlibat dalam perang salib melawan pasukan kristen eropa dalam upaya memperebutkan kota yerussalem. serta ada juga sumber sejarah mengatakan bahwa awal mula perayaan maulid ini pada jaman daulah fatimiyah.
Itulah  sejarah awal mula diperingatinya, akan tetapi kalau kita lihat sekilas, kita lihat dari beberapa sumber di atas seperti nya terdapat perbedaan diantara mereka tentang awal mula  awal mula diperingatinya maulid nabi, seorang ahli sejarah menyebutkan bahwa sumber diatas tidak menunjukan adanya perbedaan pendapat, seperti pendapat pertama yang menyebutkan bahwa awal mula dirayakannya maulid nabi pada zaman mudhofar seorang gubernur  di irbil pada masa sultan shalahuddin, kemudian dalam pendapat kedua  ini disebutkan bahwa awal mula nya dirayakan maulid nabi pada masa shalahudin al ayubi itu sendiri, maka disini tidak ada perbedaan pendapat yang siknifikan, karena mereka hidup di satu masa hanya saja mereka berbeda tempat tinggal.

Sekarang yang harus kita ambil pelajaran dari perayaan maulid nabi ini adalah tentang perjuangan nabi  berdakwah dalam menyebarkan ajaran islam yang patut kita contoh dan teladani. Bukan dalam pernah atau tidaknya rasul merayakan maulid atau ada perintah rasulullah atau tidak. tapi dari segi manfaatnya bagi kita dalam mengingatkan kita akan perjuangan baginda rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam.
Wa Allahu Alam Bis Sawab.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar