Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

AKHLAK

Akhlak secara bahasa: tabi`at dan sifat. Adapun akhlak secara istilah ialah: merupakan gambaran batin manusia, yang terdiri dari hatinya, sifat-sifatnya serta makna-makna dan nuansa yang tersimpan didalam jiwanya.
Dan akhlak juga diartikan suatu yang sepontan dan konstan yang dilakukan oleh setiap orang.
Dikatakan khalki artinya gambaran yang zahir, dikatakan khuluk artinya  adalah gambaran batin .karena memang manusia terdiri dari dua bagian yaitu jasmani dan rohani ( FISIK DAN FSIKIS ).
Akhlak itu sendiri bersumber dari:
1.      Keturunan. Garis keturunan itu sendiri memiki peran yang sangat dominan terhadap akhlak seorang anak. akhlak inilah yang juga disebut akhlak yang diwarisi seseorang dari kedua orang tuanya yang juga dikatakan juga sebagai tabi`at. Dengan ungkapan lain akhlak seperti adalah akhlak yang di ciptakan Allah pada seseorang semenjak lahir, yang ia ambil dari sifat kedua orang tuanya. Seperi cepat marah, pelit, pemaaf, penyabar dan lain-lain. Akhlak seperti ini akan timbul dengan sendirinya tanpa  ia pelajari.Sabda rosululloh:
العرق دساس ( عون المعبود )
Artinya : unsur keturunan itu sanyat sensitif, artinya mempunyai pengarauh yang sangat kuat.
Hadits yang lain:  
إن فيك لخلقين  يحبهما الله قلت وما هما يا رسول الله ؟ قال : الحلم والحياء
Artinya: sesunguhnya pada kamu terdapat dua akhlak yang dicintai Allah, saya bertanta ya Rasulalloh sifat apkah yang dua tersebut? Rasululloh menjawab : penyabar dan pemalu

2.      lingkunagn
lingkungan juga sangat mempengaruhi akhlak sesorang, manusia sangat terpengaruh terhadap apa yang ada dilinkunganya baik itu benda hidup atau mati.  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar