Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Analisis tugas dan jenjang belajar

1.    Pengertian analisis tugas
Analisis Tugas adalah proses mengkaji atau menganalisis bagaimana manusia melaksanakan tugas, apa saja yang mereka lakukan, peralatan yang mereka gunakan, dan hal-hal apa saja yang mereka perlu ketahui. Memeriksa tugas-tugas user untuk mengetahui dengan baik apa yang dibutuhkan user dari interface dan bagaimana mereka akan menggunakannya.

2.       Langkah-langkah Analisis Tugas

1. Melakukan kajian literatur dan informasi yang relevan.
2. Mengembangkan inventori pekerjaan atau jabatan.
3. Mencuplik pekerjaan sebagai sumber data.
4. Melakukan surve di lapangan.
5. Menganalisis hasil surve untuk dijabarkan menjadi kurikulum dan kegiatan instruksional.
3.      Cara melakukan analisis tugas
Dalam Analisis tugas kita harus mempunyai dua macam cara/system untuk melakukan analisa,yaitu :
- INPUT                       
Merupakan aktifitas pemberian data
- OUTPUT         Keluaran, hasil dari suatu proses, baik berupa data maupun berbentuk informasi yang telah diolah. Ataupun Output analisis tugas adalah  suatu tata cara untuk seseorang mengerjakan sesuatu, cara yang digunakan, dan apa yang akan dilaksanakan.
Berikut ini adalah contoh jenis penggunaan output analisis tugas yaitu:
1. Manual dan Pengajaran
2. Pendefinisian Kebutuhan dan Perancangan Sistem
3. Perancangan Detail Interface


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar